Jumat, 28 September 2012

Priview Psikologi Komunikasi (seta wicaksana)

Psikologi komunikasi terdiri dari dua suku kata yaitu,psikologi dan komunikasi. Psikologi berasal dari bahasa Yunani Psychology yang berarti ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia baik secara individu maupun hubungannya dengan lingkungannya. Dan komunikasi yaitu proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan media atau tidak. Jadi, psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyampaian pesan yang mengharapkan timbal balik ( feedback) dengan cara mempelajari perilaku invividu tersebut agar tercipta secara efektif.
Tujuan individu berkomunikasi salah satunya yaitu mengharapkan timbal balik (feedback) dari komunikator. Dan timbal balik tersebut terdapat respon, solusi dan pemahaman agar terciptannya suatu proses komunikasi yang efektif.
Komunikasi juga mempunyai sasaran. Sasaran komunikasi ada tiga macam yaitu kognitif, efektif dan motorik
Kognitif : Mengajak komunikan untuk memahami saja apa yang kita komunikasikan atau kita sampaikan.

Afektif : Mengajak komunikan untuk merasakan dan memahami apa saja yang kita komunikasikan atau kita sampaikan.
Motorik : Mengajak komunikan supaya apa yang kita sampaikan mereka langsung memehami dan berbuat apa yang kita sampaikan. Contohya ketika kita menyuruh membuang sampah lalu komunikan langsung melakukan hal tersebut.


1 komentar:

  1. hehehehe...great..yang jelas-jelas aja saya suka dengan tag line itu hingga backgroundnya menggambarkan hal sesuai dengan tujuannya...ditunggu tulisan berikutnya...salam SOBAT !

    BalasHapus