Selasa, 23 Oktober 2012

KOMUNIKASI KELOMPOK

Pengertian Komunikasi Kelompok. 

Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam komunikasi kelompok, juga melibatkan komunikasi antarpribadi. Karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok. 

Dan B. Curtis, James J.Floyd, dan Jerril L. Winsor menyatakan komunikasi kelompok terjani ketika tiga orang atau lebih bertatap muka, biasanya di bawah pengarahan seorang pemimpin untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama dan mempengaruhi satu sama lain. Lebih mendalam ketiga ilmuwan tersebut menjabarkan sifat-sifat komunikasi kelompok sebagai berikut: 

1. Kelompok berkomunikasi melalui tatap muka; 

2. Kelompok memiliki sedikit partisipan; 

3. Kelompok bekerja di bawah arahan seseorang pemimpin; 

4. Kelompok membagi tujuan atau sasaran bersama; 

5. Anggota kelompok memiliki pengaruh atas satu sama lain. 
 
Klasifikasi kelompok dan karakteristik komunikasinya. 

· Kelompok primer dan sekunder. 

Charles Horton Cooley pada tahun 1909 (dalam Jalaludin Rakhmat, 1994) mengatakan bahwa kelompok primer adalah suatu kelompok yang anggota-anggotanya berhubungan akrab, personal, dan menyentuh hati dalam asosiasi dan kerja sama. Sedangkan kelompok sekunder adalah kelompok yanganggota-anggotanya berhubungan tidak akrab, tidak personal, dan tidak menyentuh hati kita. 

· Kelompok deskriptif dan kelompok preskriptif 

John F. Cragan dan David W. Wright (1980) membagi kelompok menjadi dua: deskriptif dan peskriptif. Kategori deskriptif menunjukkan klasifikasi kelompok dengan melihat proses pembentukannya secara alamiah. Berdasarkan tujuan, ukuran, dan pola komunikasi, kelompok deskriptif dibedakan menjadi tiga:

 a. Kelompok tugas adalah kelompok tugas bertujuan memecahkan masalah, misalnya transplantasi jantung, atau merancang kampanye politik.
 b. Kelompok pertemuan kelompok pertemuan adalah kelompok orang yang menjadikan diri mereka sebagai acara pokok. Melalui diskusi, setiap anggota berusaha belajar lebih banyak tentang dirinya. Kelompok terapi di rumah sakit jiwa 
 c. Kelompok penyadar kelompok penyadar mempunyai tugas utama menciptakan identitas sosial politik yang baru. 

faktor-faktor keefektifan kelompok dapat dilacak pada karakteristik kelompok, yaitu: 

1. Faktor situasional karakteristik kelompok: 

a. Ukuran kelompok. 

Hubungan antara ukuran kelompok dengan prestasi krja kelompok bergantung pada jenis tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok. Tugas kelompok dapat dibedakan dua macam, yaitu tugas koaktif dan interaktif. Pada tugas koaktif, masing-masing anggota bekerja sejajar dengan yang lain, tetapi tidak berinteraksi. Pada tugas interaktif, anggota-anggota kelompok berinteraksi secara teroganisasi untuk menghasilkan suatu produk, keputusan, atau penilaian tunggal. Pada kelompok tugas koatif, jumlah anggota berkorelasi positif dengan pelaksanaan tugas. Yakni, makin banyak anggota makin besar jumlah pekerjaan yang diselesaikan. Misal satu orang dapat memindahkan tong minyak ke satu bak truk dalam 10 jam, maka sepuluh orang dapat memindahkan pekerjaan tersebut dalam satu jam. Tetapi, bila mereka sudah mulai berinteraksi, keluaran secara keseluruhan akan berkurang. 


b. Jaringan komunikasi. 

Terdapat beberapa tipe jaringan komunikasi, diantaranya adalah sebagai berikut: roda, rantai, Y, lingkaran, dan bintang. Dalam hubungan dengan prestasi kelompok, tipe roda menghasilkan produk kelompok tercepat dan terorganisir. 

c. Kohesi kelompok. 

Kohesi kelompok didefinisikan sebagai kekuatan yang mendorong anggota kelompok untuk tetap tinggal dalam kelompok, dan mencegahnya meninggalkan kelompok. McDavid dan Harari (dalam Jalaluddin Rakmat, 2004) menyarankam bahwa kohesi diukur dari beberapa faktor sebagai berikut: ketertarikan anggota secara interpersonal pada satu sama lain; ketertarikan anggota pada kegiatan dan fungsi kelompok; sejauh mana anggota tertarik pada kelompok sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan personal. 

d. Kepemimpinan 

Kepemimpinan adalah komunikasi yang secara positif mempengaruhi kelompok untuk bergerak ke arah tujuan kelompok. Kepemimpinan adalah faktor yang paling menentukan kefektifan komunikasi kelompok. Klasifikasi gaya kepemimpinan yang klasik dilakukan oleh White danLippit (1960). Mereka mengklasifikasikan tiga gaya kepemimpinan: otoriter; demokratis; dan laissez faire. Kepemimpinan otoriter ditandai dengan keputusan dan kebijakan yang seluruhnya ditentukan oleh pemimpin. Kepemimpinan demokratis menampilkan pemimpin yang mendorong dan membantu anggota kelompok untuk membicarakan dan memutuskan semua kebijakan. Kepemimpinan laissez faire memberikan kebebasan penuh bagi kelompok untuk mengambil keputusan individual dengan partisipasi dengan partisipasi pemimpin yang minimal. 

2. Faktor personal karakteristik kelompok: 

a. Kebutuhan interpersonal 

William C. Schultz (1966) merumuskan Teori FIRO (Fundamental Interpersonal Relations Orientatation), menurutnya orang menjadi anggota kelompok karena didorong oleh tiga kebutuhan intepersonal sebagai berikut: 

1) Ingin masuk menjadi bagian kelompok (inclusion). 

2) Ingin mengendalikan orang lain dalam tatanan hierakis (control). 

3) Ingin memperoleh keakraban emosional dari anggota kelompok yang lain. 

b. Tindak komunikasi 

Mana kala kelompok bertemu, terjadilah pertukaran informasi. Setiap anggota berusaha menyampaiakan atau menerima informasi (secara verbal maupun nonverbal). Robert Bales (1950) mengembangkan sistem kategori untuk menganalisis tindak komunikasi, yang kemudian dikenal sebagai Interaction Process Analysis (IPA). 

Referensi :
prima kirtti umomo y
alfia08's blog

Jumat, 19 Oktober 2012

emosi dan kecerdasan emosi


Pengertian emosi

Istilah emosi menurut Daniel Goleman (1995), seorang pakar kecerdasan emosional, yang diambil dari Oxford English Dictionary memaknai emosi sebagai setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecendrungan untuk bertindak.

Macam Macam emosi

Manusia mempunyai banyak emosi diantaranya :

1. Emosi marah
seseorang yang marah terhadap orang lain disebabkan ia menganggap bahwa orang itu bersalah terhadap dirinya. orang yang marah bisa menunjukkan tingkah laku agresif, menganggu orang yang dikenai marah, membanting barang, memukul, bahkan membunuh

2. Emosi sedih, duka, susah dan pilu
semua orang yang mengalami musibah pasti merasa sedih. karena sedih, seseorang bisa menangis, bisa mengurung diri di kamar dan tidak mau bergaul dengan orang lain.

3. Emosi Iri
Orang sering membandingkan keadaan dirinya dengan orang lain. jika dirinya lebih rendah atau kurang dari orang yang dibandingkan maka timbul rasa iri. emosi iri harus dapat di kendalikan dan di ekspresikan secara positif. ekspresi iri yang positif akan menimbulkan gairah usaha dan meningkatkan kerja secara positif untuk menyamai orang yang dibandingkan itu.

4. Emosi Takut
ekspresi dari rasa takut dapat berupa lari menjauh dari obyek penyebab takut. rasa takut menyebabkan seseorang menghindari objek penyebab takut

5. Emosi Cinta
contoh dari ekspresi cinta adalah kisah remaja yang menjalin asmara.
Semua orang harus dapat mengendalikan emosi. emosi yang tidak dapat di kendalikan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. adapun cara mengendalikan emosi antara lain:
a. Setiap tindakan harus didasarkan pada akal sehat
b. Berpikirlah tentang akibat yang mungkin terjadi
c. Berusahalah untuk memaafkan orang lain. 
cara mengendalikan emosi :

Atasi Masalah
Untuk mengendalikan emosi anda yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengatasi masalah anda. Karena kebanyakan orang yang mudah emosi memiliki masalah yang cukup pelik atau serius sehingga membauat moodnya mudah berubah.

Curhat
Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial dan tak mungkin dapat hidup sendiri. Oleh karena itu anda harus menceritakan masalah yang anda hadapi kepada orang yang menurut anda dapat memberikan solusi atau bahkan dapat membantu.

Ubah Posisi Tubuh Anda
Jika anda sedang marah dalam keadaan berdiri, maka anda harus duduk. Jika anda sedang duduk, maka berbaringlah. Ketika anda merubah posisi tubuh, kemudian otak akan meresponnya dan pikiran anda akan jernih kembali.

Coba Berpikir Tenang
Cobalah untuk diam sejenak dan bepikirlah mengapa dan kenapa anda harus marah? Dan berpikirlah untuk memperbaiki keadaan yang sudah memburuk tersebut.

Cari Tempat Tenang
Sesudah anda memikirkannya, sekarang cobalah ketempat yang menurut anda paling tenang dan nyaman seperti sawah, pantai ataupun kebun. Ini dapat membantu pikiran anda kembali jernih. Jika perlu, bermalamlah beberapa hari agar anda dapat melupakan masalah ataupun mencari solusi masalah anda.

Cari Kesibukan Lain
Untuk melupakan emosi anda, anda harus menyalurkannya ke tempat lain dan pastinya harus hal yang positif.

Olahraga
Olahraga memang terbukuti dapat mengurangi rasa emosi anda dan ini sudah dilakukan penelitiannya. Cobalah ke tempat fitnes sesekali, jikapun tidak anda juga dapat melakukannya dirumah.

Mendengarkan Musik
Musik sangat ampuh dalam merubah emosi seseorang, cobalah untuk mendengar jenis musik paling nyaman menurut anda ataupun dengarkanlah musik yang berjenis klasik ataupun jazz.

Hindari Stres
Karena kabanyakan orang mengalami emosi akibat dari masalah, masalah tersebut akan menumpuk dan menjadikan anda stres dan akan membuat mood anda tak stabil.

Selasa, 09 Oktober 2012

Artikel Banjir

Ayo Cegah BANJIR !

Di ibukota negara Indonesia ini yaitu DKI Jakarta, masih banyak omongan tentang yang namanya Banjir. banjir, banjir, dan banjir itulah yang sering di keluhkan dan di bicarakan oleh warga jakarta. Tak kenal kaya dan tak kenal miskin banjir dapat menyerbu siapa saja jika musim hujan tiba pada waktunya. Dari penduduk yang berada pada bantaran kali maupun penduduk yang tinggal di komplek - komplek mewah. 

Banjir pada hakikatnya yaitu salah satu output dari pengelolaan DAS yang tidak baik dan tidak tepat. “Apa itu DAS ?” DAS adalah dearah aliran sungai yang kita kenal sebagai got dan juga kali. Sekarang kita tahu bahwa aliran got dan kali sudah sangat memperhatikan sekali keadaannya. contoh nya saja daerah bantaran kali ciliwung yang terkenal dengan daerah rawan banjir, di bantaran kali ciliwung ini sudah banyak sekali sampah – sampah yang berserakan yang dapat menyumbat aliran air kali, dan ketika musim hujan datang, air tidak dapat mengalir yang diakibatan oleh penyumbatan oleh sampah, dan berdampak yaitu banjir. 

Selain itu banjir juga dapat diakibatkan oleh curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi, contohnya saja curah hujan pada saat banjir jakarta pada tanggal 18 januari 2002, disebabkan oleh curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi yaitu sebesar 105 mm/ hari, kemudian banjir kedua pada tanggal 30 januari 2002 yang disebabkan oelh intensitas hujan yang cukup tinggi yaitu sebesar 143 mm/ hari. Padahal curah hujan di atas 50mm/hari patut diwaspadai. 

Banjir juga dapat terjadi akibat kiriman air dari hulu atas yaitu daerah bogor, cianjur, dan puncak yang mengalir ke hulu bawah yaitu jakata. Dengan kapasitas air dari hulu atas sangat tinggi, maka hulu bawah akan sulit untuk menerima semua debit air yang berakibat tidak tertampungnya air dan membludak ke jalan. Ditambah lagi kali yang banyak sampah – sampah yang dapat menyumbat aliran air. 

Banjir itu sangat tidak enak dan juga sangat merugikan diri kita dan orang banyak, maka bagi warga jakarta marilah kita jaga dan pelihara lingkungan kita agar kita dapat terbebas dari yang namannya banjir. Kita dapat melakukan hal – hal yang positif untuk penanganan banjir yang cukup hebat ini dengan (1) tidak membuang sampah ke sungai yang akan berakibat penyumbatan pada aliran sungai, (2) Setiap keluarga melalui RT/RW harus selalu melakukan koordinasi di daerahnya masing-masing terutama di daerah rawan banjir untuk mengurangi resiko yang mereka hadapi, (3) membersihkan selokan dari sampah dan kotoran pada setiap 2 minggu sekali dengan cara bergotong – royong, (4)menanam pohon agar air dapat meresap pada tanah , dan (5) membuat dearah resapan air . 

Jadi, mulai sekarang kita khusunya warga jakarta harus segera bertindak dan melawan yang namanya banjir banjir dan banjir . berikan lah perubahan oleh kota kita tercinta. 

       ”ini untuk kota kita, ini untuk kita, ini untuk kebebasan kita , dan ini untuk anak cucu kita “ 

                             Go Green kota Jakarta !

INTERPERSONAL SKILL ( Priview )




Definisi 

interpersonal skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapan atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal. 


Interpersonal skill 


1. Kemampuan, kesanggupan, kepandaian seseorang dalam mengerjakan sesuatu terutama berkomunikasi. 
2. Memiliki konsep diri dan kepribadian yang kuat 
3. Meningkatkan potensi diri di bidangnya 
4. Mengasah diri dan mengubah kemampuan berkomunikasi 
5. Berpenampilan menarik dan menyenangkan 
6. Meningkatkan human relation dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi 
7. Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team 



Interpersonal skill dapat dilihat dengan cara sebagai berikut : 


1. Dalam proses interview pada saat pertama kali masuk kerja. Karyawan yang pertama kali akan masuk akan di interview oleh bagian HRD supaya perusaahaan dapat memahami karakter dan potensi yang ada didalam diri karyawan baru tersebut.

2. Bukan merupakan karakter. Ini dapat berubah sesuai apa yang ingin kita ubah. 

3. Ini bisa dikembangkan. Contonya kita dapat mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita di bidang yang memang kita inginkan atau kita tonjolkan. 



Teori – teori Hubungan manusia


Ø Hubungan biologis : manusia dapat berhubungan dengan manusia lain menggunakan anggota badan. 

Jenis – jenis hubungan biologis : 

1.  Kinesic : hubungan non verbal yang dilakukan dengan anggota badan 

2. Occulestic : hubungan non verbal yang dilakukan dengan mata 

3. Prosemic : hubungan non verbal yang dilakukan dengan megatur jarak tubuh 

Ø Hubungan ekonomis : manusia itu akan berhubungan dengan manusia lain. Contohnya pada zaman dulu ada yang namanya transaksi barter (saling tukar menukar barang). 

Ø Hubungan estetika : estetika yaitu keindahan, manusia akan selalu ingin berhubungan dengan manusia lain yang dianggap mempunyai keindahan. 

Ø Hubungan etis : menurut teori ini hubungan sesama manusia itu bersifat wajib ( emanuel levines ) 



Hubungan timbal balik antar manusia ( gilin dan gilin ) 

1. Interaksi sosial yang bersifat ASOSIATI : 

a. Akomodatif : sikap menampung pendapat orang lain 

b. Asimilasi : sikap suka menekan hal – hal yang sama dan mengabaikan hal yang tidak sama antara kita dan orang lain. 

c. Akulturasi : sikap yang selalu mengalah atau tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, atau merubah sikap buruk menjadi lebih baik. 

2. Interaksi sosial yang bersifat DESOSIATIFadalah sikap interaksi sosial yang dapat menimbulkan renggangnya hubungan manusia : 

a. Kompetisi : sikap yang sering mengajak bertanding dan bersaing 

b. Kontraversi : sikap yang suka mengambek atau berdiam diri namun hatinya dongkol atau kesal. 

c. Konflik :sikap yang suka menantang atau menentang.